Beranda Event LG Ajak Warga Indonesia Daur Ulang Sampah Elektronik Lewat Kampanye Hijau

LG Ajak Warga Indonesia Daur Ulang Sampah Elektronik Lewat Kampanye Hijau

Kampanye hijau LG E-Waste Recycling for A Better Planet menyediakan enam titik pengumpulan sampah elektronik di sejumlah wilayah di Jakarta.

66
0
Peluncuran Kampanye LG E-Waste Recycling for A Better Planet-RealEstat.id-Adhitya Putra
President of LG Electronics Indonesia, Ha Sang-chul melakukan edukasi e-waste kepada siswa dan siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ragunan 8, pada Selasa (23/09/2025) di Jakarta Selatan. (Foto: RealEstat.id/Adhitya Putra)
Google search engine

RealEstat.id (Jakarta) – LG Electronics Indonesia mengajak masyarakat untuk peduli terhadap penciptaan lingkungan berkelanjutan melalui kampanye hijau daur ulang sampah elektronik.

Melalui gerakan bertajuk E-Waste Recycling for A Better Planet yang berlangsung sepanjang satu bulan, masyakarat bisa mengumpulkan sampah elektronik di sekitar mereka.

Presiden LG Electronics Indonesia, Ha Sang-chul menegaskan pentingnya kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan e-waste.

“Kesadaran akan memperlakukan sampah elektronik menjadi hal penting dalam upaya menciptakan lingkungan berkelanjutan,” ujar Ha Sang-chul saat peresmian kampanye daur ulang sampah elektronik LG di SDN Ragunan, Jakarta, Selasa (23/09/2025).

Baca Juga: Upaya LG Perluas Kesadaran Limbah Pakaian Melalui ‘Better Life When We Recycle’

Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2021, sampah elektronik atau e-waste di Indonesia mencapai 2 juta ton.

Penyumbang jumlah sampah elektronik terbesar di Indonesia adalah Pulau Jawa, yakni sebesar 56%.

Kemudian, Pulau Sumatra yang berkontribusi sebanyak 22% dari total e-waste di Indonesia.

Kolaborasi LG dan Liberty Society

Kampanye hijau LG Electronics Indonesia-RealEstat.id
LG Electronics Indonesia berkolaborasi dengan Liberty Society dalam kampanye ‘E-Waste Recycling for A Better Planet’, Selasa (23/09/2025) di SDN 08 Ragunan, Jakarta. (Foto: RealEstat.id/Adhitya Putra)

Kampanye hijau LG ini bekerja sama dengan Liberty Society, perusahaan sosial yang fokus pada produk ramah lingkungan dan pemberdayaan perempuan.

Sampah elektronik yang terkumpul, kemudian akan didaur ulang menjadi produk baru.

Baca Juga: Mau Belajar K-Pop Dance & K-Food? Yuk, Datang ke LG Life’s Good K-Wave Festival

Contohnya, gantungan kunci (keychain) dan dalam bentuk karya seni instalasi di akhir 2025.

Empat karya seni instalasi berbahan e-waste tersebut akan dipamerkan di sekolah mitra dan LG ZonaSeru CGV Central Park Jakarta.

Untuk mendukung kampanye ini, LG menyediakan enam titik pengumpulan sampah elektronik, terdiri dari:

  • LG Service Center Jakarta di Pondok Labu
  • Kantor LG di Gandaria 8 Office, lantai 23
  • LG ZonaSeru di CGV Central Park, Jakarta
  • SDN Ragunan 8
  • SDIT Pembangunan Pamulang
  • SDN Kebon Baru 07

Di setiap lokasi, LG menempatkan poster edukasi mengenai pentingnya memilah dan mendaur ulang e-waste.

Liberty Society juga akan memberikan edukasi e-waste di sekolah dasar, untuk mengubahnya menjadi barang yang bermanfaat.

Baca Juga: Pangan Terbuang Indonesia Capai 20,93 Juta Ton, LG dan FoodCycle Berkolaborasi Atasi Masalah Food Waste

Menanamkan Kesadaran Sejak Usia Dini

Dalam kampanye ini, LG pun akan memberikan edukasi langsung kepada siswa di tiga sekolah dasar.

Ha Sang-chul menerangkan, anak-anak akan memahami konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Ia melanjutkan, edukasi ini bertujuan memberi pemahaman mendalam tentang dampak buruk sampah terhadap kesehatan, lingkungan, hewan laut.

Dengan demikian diharapkan mereka menjadi generasi pelopor pengelolaan sampah di masa depan.

Baca Juga: Kampanye Better Life for All LG Distribusikan 3.000 Paket Makanan untuk Masyarakat Kurang Mampu

“LG percaya bahwa perubahan harus dari sejak usia dini. Ini bagian dari kontribusi nyata kami untuk mendukung Indonesia Emas 2045,” jelas Ha Sang-chul.

Sebagai informasi, kampanye hijau ini menjadi bagian dari LG Loves Indonesia, yang merupakan payung besar aktivitas CSR yang memiliki empat pilar utama.

Antara lain, LG Loves Green (lingkungan); LG Loves and Cares (sosial dan kemanusiaan); LG Loves School (pendidikan); dan LG Loves Children (kesejahteraan anak)

“Kami berharap kampanye E-Waste Recycling for A Better Planet dapat membangun kesadaran, sekaligus memperkuat sinergi terkait penanganan sampah elektronik,” pungkas Ha Sang-chul.

Redaksi@realestat.id

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

two × five =