
RealEstat.id (Jakarta) – Batara Surya Semesta (Batara Group) akan melakukan transformasi menyeluruh terhadap bisnisnya dengan melakukan ekspansi ke Indonesia Timur.
Di tahun 2025 ini Batara berencana memperluas jangkauan jaringan distribusi bahan bangunan ke Surabaya dan Pulau Bali.
Penambahan titik distribusi ini juga bertujuan untuk melayani wilayah seperti Sulawesi, Maluku, dan Papua.
Presiden Direktur Batara Group, Daniel Surya Tandi mengungkapkan pihaknya ingin mengenalkan pelbagai inovasi produk bahan bangunan ke pasar nasional, sekaligus berkontribusi aktif dalam mewujudkan percepatan pembangunan di dalam negeri.
Baca Juga: Segini Harga Jasa Tukang Bangunan Harian Terbaru 2025, Catat Ya!
“Kami berkomitmen untuk menyediakan produk yang berkualitas dan pelayanan dan maksimal,” ucap Daniel Surya Tandi disela-sela pameran IndoBuildTech (IBT), Rabu (02/07/2025).
Perlebar Segmentasi Pasar
Sejak berdiri di tahun 1972, Batara Group dikenal sebagai salah satu pionir distributor sejumlah brand bahan bangunan berkualitas di Indonesia.
Perusahaan ini bermula dari toko bahan bangunan kecil bernama Batara di Jalan Pinangsia, Jakarta Pusat, yang dirintis oleh Longtjing Tandi.
Setelah lima dekade berlalu, Batara Group tumbuh menjadi perusahaan nasional dengan jaringan distribusi di wilayah Jabodetabek dan Semarang, Jawa Tengah.
Baca Juga: Pilih Tukang Harian atau Tukang Borongan? Simak Untung-Ruginya di Sini!
Sementara itu, Direktur Komersial Batara Group, Reissa Siregar menjelaskan hingga tahun 2024 transaksi penjualan masih didominasi proyek properti besar, seperti gedung tinggi, perumahan, kawasan industri, hingga rumah sakit.
Adapun beberapa pengembang yang menjadi mitra utama Batara, antara lain Paramount Land, Metland, dan Ciputra Group.
Reissa optimistis ekspansi Batara Group ke kawasan Indonesia Timur, khususnya Surabaya dan Bali, dapat memperlebar segmentasi pasar melalui modern channel, seperti Mitra 10 dan Depo Bangunan.
“Sampai tahun 2024, 65% penjualan masih didominasi proyek dan sisanya ke ritel. Untuk tahun 2025 komposisinya bisa setengah-setengah, karena sudah masuk ke toko retail yang lebih masif,” ujar dia.
Untuk menangkap pasar milenial dan GenZ, Reissa mengatakan bahwa perusahaannya akan mengoptimalkan channel online dan digital.
Baca Juga: Ingin Renovasi Apartemen? Ketahui 6 Peraturan Ini Terlebih Dahulu Yuk
“Milenial dan GenZ suka akan informasi produk yang detail. Mereka harus tahu alasannya mengapa mereka harus beli produk tersebut. Oleh karena itu, kami terus mengedukasi sesuai segmen produknya,” tandas dia.
Pamerkan Rangkaian Inovasi di IndoBuildTech (IBT) 2025

Selain ekspansi ke kawasan Indonesia Timur, Batara Group pun melakukan perluasan pasar dengan memboyong sejumlah produk pada ajang pameran bahan bangunan IndoBuildTech (IBT) 2025 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang.
Batara Group membawa sejumlah brand unggulan di segmen premium yang telah hadir lebih dari 20 tahun, seperti:
- Casali dan Wisproof – Waterproofing membrane
- Polyshield dan Polynum – Insulasi atap
- Ozvent – Ventilasi turbine
- Viscous – Perekat sealant
- Duorock – Insulasi mineral wool
- Smartcubic – Papan phenolic
Selama IndoBuildTech 2025 berlangsung pada 2–6 Juli 2025, pengunjung dapat mencoba langsung berbagai solusi material bangunan inovatif tersebut.
“Partisipasi Batara Group dalam IBT menjadi sarana bagi kamu untuk berinteraksi langsung dengan para profesional industri, pemangku kepentingan, dan konsumen” pungkas Daniel Surya Tandi.
Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News